SILABUS
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas / Semester : VII (Tujuh)
Tahun Pelajaran
: 2020/ 2021
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta
KI 2
: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI
3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
KI4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pembelajaran |
Pembelajaran |
Karakter yang diharapkan |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Model |
Metode |
Pendekatan |
|
|
|
|
|||
3.1 Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran dengan
menggunakan satu-
an standar (baku) |
3.1.1.
Menjelaskan
3 keterampilan proses penyelidikan IPA. 3.1.2.
Menyebutkan objek pengamatan dalam penyelidikan IPA. 3.1.3.
Membedakan satuan baku dan tak baku 3.1.4.
Menjelaskan pentingnya satuan baku dalam pengukuran. 3.1.5.
Menjelaskan besaran pokok dan turunan dalam kehidupan
sehari-hari. |
· Pengukuran · Besaran Pokok dan
turunan · Satuan baku dan
tak baku |
Discovery Learning |
· Diskusi · Kerja Kelompok |
Pendekatan Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek hal 31 |
8
JP |
· Buku
siswa hal. 2-31 · Buku
Guru hal. 21-42 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · PPT · Internet |
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang
sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan
mengguna- kan satuan tak baku dan satuan baku |
4.1.1. Melakukan pengamatan terhadap diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di
sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati. 4.1.2. Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku. 4.1.3. Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan
yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 4.1.4. Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran
dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan
teman. |
||||||||
3.2 Mengklasifikasikan makhluk
hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati |
3.2.1.
Menjelaskan
alasan mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan. 3.2.2.
Menjelaskan
dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup. 3.2.3.
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada
di lingkungan sekitar. |
Klasifikasi · Makhluk hidup dan
benda tak hidup · Ciri-ciri makhluk
hidup · Klasifikasi
makhluk hidup · Pengenala mikroskop |
Discovery
Learning |
· Diskusi · Kerja Kelompok · Praktik |
Pendekatan Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Penilian diri · Pengetahuan Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
7
JP |
· Buku siswa hal. 33-133 · Buku Guru hal. 43-108 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · PPT · Internet |
4.2 Menyajikan hasil
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar
berdasarkan
karakteristik yang diamati. |
4.2.1
Melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan di sekitar
berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera,
protista, fungi, plantae, dan animalia. 4.2.2
Melakukan klasifikasi terhadap hewan berdasarkan
persamaan ciri-ciri yang dimiliki. 4.2.3
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
||||||||
3.3 Menjelaskan konsep campuran
dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika
dan kimia dalam kehidupan sehari- hari |
3.3.1. Menggolongkan
karakteristik materi. 3.3.2. Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa, dan campuran. 3.3.3. Menjelaskan
metode pemisahan campuran . 3.3.4. Menjelaskan
sifat fisika dan sifat kimia. 3.3.5. Mendeskripsikan
perubahan fisika dan perubahan kimia |
· Zat dan
Karakteristik nya · Zat Padat, Cair,
dan Gas · Unsur, Senyawa,
dan Campuran · Sifat fisika dan kimia · Perubahan fisika
dan kimia |
Discovery Learning |
· Tanya
jawab · Eksperimen, · Diskusi dan Presentasi |
Pendekatan Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
· Buku siswa hal. 93-133 · Buku Guru hal. 53-70 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · PPT |
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan
atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran |
4.3.1.
Menyajikan data hasil pengamatan zat padat, cair dan
gas. 4.3.2.
Menyajikan data hasil pengamatan unsur, senyawa dan
campuran 4.3.3.
Menyajikan data hasil pengamatan larutan asam, basa,
dan garam. 4.3.4.
Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran
berdsarkan sifat fisika dan kimia 4.3.5.
Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran
metode filtrasi dan kromatografi 4.3.6.
Menyajikan
data hasil pengamatan perubahan kimia |
||||||||
3.4 Menganalisis konsep suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapan-nya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan |
3.4.1
Menjelaskan
definisi suhu. 3.4.2
Menjelaskan
berbagai jenis termometer. 3.4.3
Menentukan
skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer. 3.4.4
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala. 3.4.5
Menjelaskan
definisi pemuaian. |
Suhu
dan Kalor ·
Suhu ·
Alat
pengukur suhu ·
Pemuaian ·
Kalor ·
Perpindah
an kalor |
Discovery
Learning |
· Praktik · Diskusi |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Observasi · Pengetahuan: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
· Buku siswa hal. 135-187 · Buku Guru hal. 205-248 Pengayaan · Laboratorium
sekolah · Lingkungan sekolah · PPT |
4.4 Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan
kalor |
4.4.1 Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu zat |
||||||||
3.5 Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-
hari termasuk fotosintesis |
3.5.1 Menjelaskan
3 konsep energi dan sumber-sumber energi. |
Energi · Bentuk- bentuk
energi · Sumber energi · Perubaha n bentuk energi · Transfor masi
energi dalam sel · Fotosintesis · Respirasi |
Discovery
learning |
· Praktik · Diskusi |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
· Buku siswa hal. 188-208 · Buku Guru hal. 167-204 · Pengayaan · Laboratorium sekolah · Vidio tentang sistim pencernaan pada manusia · PPT |
4.5 Menyajikan hasil percobaan
tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis |
4.5.1
Melakukan percobaan untuk membuktikan keberadaan bentuk energi dalam
suatu benda |
||||||||
3.6
Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama
penyusun sel |
3.6.1
Mengidentifikasi tingkatan hierarki kehidupan 3.6.2 Membedakan
komponen penyusun sel hewan dan tumbuhan |
Sistem
Organisasi
Kehidupan ·
Sel ·
Jaringan ·
Organ ·
Sistem
organ ·
Organisme |
Problem
based learning |
· Praktik · Diskusi |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Penilaian antar
teman · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam
melakukan percobaan |
10
JP |
· Buku siswa hal. 1-18 · Buku Guru hal. 109-142 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · PPT |
4.6
Membuat model struktur sel
tumbuhan/ hewan |
4.6.1. Membuat
model struktur sel tumbuhan/hewan 4.6.2. Menyajikan
model struktur sel tumbuhan/hewan |
||||||||
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut |
3.7.1 Mengidentifikasi
komponen penyusun ekosistem 3.7.2 Mendeskripsikan
hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya 3.7.3 Memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem 3.7.4 Mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem 3.7.5 Menjelaskan
interaksi dalam ekosistem 3.7.6 Mendeskripsikan
jenis-jenis interaksi juga berbagai kemungkinan yang terjadi dalam interaksi 3.7.7 Menjelaskan peran
mikroorganisme/organisme dalam berbagai daur biogeokimia 3.7.8 Menguraikan
komponen ekosistem dari hasil pengamatan 3.7.9 Membuat bagan
tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem 3.7.10
Menganalisis
jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antar komponen (karena
faktor alami dan akibat perbuatan manusia) |
Ekosistem · Komponen abiotik
dan biotik · Interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungan · Rantai Makanan · Jaring- jaring
makanan · Bentuk simbioasis · Dinamika populasi |
Discovery
Learning |
· Pengamatan · Demonstrasi |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: observasi · Pengetahuan: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
· Buku siswa hal. 28-41 · Buku Guru hal. 249-282 · Pengayaan · Laboratorium sekolah · PPT |
4.7
Menyajikan hasil pengamatan
terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya |
4.7.1 Mensimulasikan
Interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem |
||||||||
3.8 Menganalisis terjadi-nya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem |
3.8.1
Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan 3.8.2
Memberikan contoh macam- macam pencemaran lingkungan. 3.8.3
Menjelaskan pengertian pencemaran air. 3.8.4
Menganalisis pengaruh air yang tercemar bagi mahluk
hidup di bawahnya. 3.8.5
Menjelaskan pengertian pencemaran udara. 3.8.6
Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab pencemaran udara 3.8.7
Menganalisis dampak pencemaran udara. 3.8.8
Menjelaskan pengertian pencemaran tanah. 3.8.9
Menganalisis dampak pencemaran tanah. |
Pencemaran
Lingkungan · Pencemaran udara · Pencemaran air · Pencemaran tanah · Dampak pencemaran
bagi ekosistem |
Discovery
Learning |
· Diskusi · Praktikum |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
· 15 JP |
· Buku siswa hal. 47-62 · Pengayaan · PPT |
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan
penyelesaian masalah pen- cemaran di lingkungannya berdasarkan hasil
pengamatan |
4.8.1
Membuat laporan hasil pengamatan tentang beberapa
jenis, penyebab, dan dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
peserta didik serta mengemukakan gagasan tentang cara mengatasinya. 4.8.2
Membuat poster tentang himbauan pada masyarakat dalam
mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. |
||||||||
3.9
Menganalisis perubahan iklim
dan dampaknya bagi ekosistem |
3.9.1 Memahami definisi
pemanasan global 3.9.2 Menganalisis proses
terjadinya pemanasan global 3.9.3 Mengidentifikasi faktor
penyebab pemanasan global 3.9.4 Menjelaskan dampak
pemanasan global |
Perubahan
Iklim · Pemanasan Global · Penyebab
terjadinya
perubahan iklim · Dampak perubahan iklim
bagi ekosistem |
Discovery
Learning |
· Praktikum · Diskusi · Penugasan |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: Penilaian diri · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
10
JP |
· Buku siswa hal. 68-78 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · PPT |
4.9
Membuat tulisan tentang
gagasan adaptasi / penanggulangan masalah perubahan iklim |
4.9.1 Membuat
makalah penanggulangan masalah perubahan iklim |
||||||||
3.10 Menjelaskan
lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko
sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya |
3.10.1. Menjelaskan karakteristik
penyusun bumi. 3.10.2. Menjelaskan
karakteristik atmosfir. 3.10.3. Menjelaskan
karakteristik litosfer. 3.10.4. Menjelaskan
karakteristik gempa bumi serta pengurangan resiko bencananya. 3.10.5. Menjelaskan
karakteristik gunung berapi serta pengurangan resiko bencananya. 3.10.6. Menjelaskan
karakterisktik hidrosfer serta pengurangan resiko bencananya. |
Lapisan
Bumi dan Bencana · Lapisan bumi · Gunung
api · Gempa
bumi dan tsunami · Tindakan tanggap bencana
|
Problem
Based Learning |
· Diskusi · Presentasi · Penugasan |
Saintifik |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
· Buku siswa hal. 83-131 · Buku Guru · Pengayaan h · Laboratorium
sekolah · PPT |
4.10
Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak
bencana alam serta tindakan penyela- matan diri pada saat terjadi bencana
sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya. |
4.10.1.Mengamati tayangan model lapisan pengurangan
resiko dan dampak bumi 4.10.2.Mengumpulkan mengenai lapisan bumi dan bencana
alam serta tindakan mekanisme terjadinya letusan gunung penyelamatan diri
pada saat berapi, gempa bumi, dan tsunami terjadi bencana sesuai dengan 4.10.3.Menyajikan hasil studi literatur tentang jenis
ancaman bencana dl
penanggulangan resiko dan dampak daerahnya bencana alam
dalam bentuk presentasi 4.10.4.Berlatih tindakan matan diri pada saat terjadi
bencana alam |
||||||||
3.11
Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi |
3.11.1. Mendeskripsikan
karakteristik matahari sebagai pusat tata surya 3.11.2. Mendeskripsikan
karakteristik planet-planet penyusun tata surya 3.11.3. Mendeskripsikan
karakteristik berbagai benda angkasa selain planet 3.11.4. Menganalisis keterkaitan
antara jarak planet ke matahari dengan periode rotasi dan periode revolusinya 3.11.5. Menggambarkangerakan
bumi dan bulan terhadap matahari 3.11.6. Mendeskripsikan
peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat gerakan bumi dan
bulan terhadap matahari 3.11.7. Mendeskripsikan
peristiwa rotasi dan revolusi bumi 3.11.8. Mengkorelasikan
berbagai peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi bumi |
Tata Surya · Sistem tata surya · Karakteris tik
anggota tata surya · Matahari sebagai bintang · Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi
kehidupan di bumi · Gerhana bulan dan matahari · Terjadinya
pasang surut |
Problem
Based Learning |
· Pengamatan · Ceramah · Diskusi |
Animasi Kontekstual |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab |
· Sikap
: observasi · Pengetahuan
: Tes
tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
· Buku siswa hal. 146-162 · Buku Guru hal. · Pengayaan hal. · Laboratorium
sekolah · PPT |
4.11
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan
atau penelusuran berbagai sumber informasi |
4.11.1
Membuat animasi atau video atau prototype dampak dari rotasi dan revolusi
bumi dan bulan bagi kehidupan bumi |
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
Comments
Post a Comment