Skip to main content

Silabus IPA Kelas 7

SILABUS

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 4 Malang                                                 

Kelas    / Semester        : VII (Tujuh)

Tahun Pelajaran             : 2020/ 2021

 

Kompetensi Inti                           :

KI 1   :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta

KI 2   :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan

             anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

 KI 3  :  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI4 :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Pembelajaran

Karakter yang diharapkan

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Model

Metode

Pendekatan

 

 

 

 

3.1     Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satu- an standar (baku)

 

3.1.1.   Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA.

3.1.2.   Menyebutkan objek pengamatan dalam penyelidikan IPA.

3.1.3.   Membedakan satuan baku dan tak baku

3.1.4.   Menjelaskan pentingnya satuan baku dalam pengukuran.

3.1.5.   Menjelaskan besaran pokok dan turunan dalam kehidupan sehari-hari.

·    Pengukuran

·    Besaran Pokok dan turunan

·    Satuan baku dan tak baku

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Kerja Kelompok

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek  hal 31

8 JP

·       Buku siswa hal. 2-31

·       Buku Guru hal. 21-42

·        Pengayaan

·       Laboratorium sekolah

·       PPT

·      Internet

 

 

4.1     Menyajikan data hasil  pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan mengguna- kan satuan tak baku dan satuan baku

 

4.1.1.    Melakukan pengamatan terhadap diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati.

4.1.2.    Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku.

4.1.3.    Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.4.    Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.

3.2       Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

 

 

3.2.1.   Menjelaskan alasan mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan.

3.2.2.   Menjelaskan dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup.

3.2.3.   Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.

Klasifikasi

·    Makhluk hidup dan benda tak hidup

·    Ciri-ciri makhluk hidup

·    Klasifikasi makhluk hidup

·    Pengenala mikroskop

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Kerja Kelompok

·      Praktik

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilian diri

 

·      Pengetahuan

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

7 JP

·      Buku siswa hal. 33-133

·      Buku Guru hal. 43-108

·      Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

 

·      Internet

4.2      Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

4.2.1      Melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan di sekitar berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia.

4.2.2      Melakukan klasifikasi terhadap hewan berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.

4.2.3      Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

3.3     Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari- hari

3.3.1.    Menggolongkan karakteristik materi.

3.3.2.    Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

3.3.3.    Menjelaskan metode pemisahan campuran .

3.3.4.    Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.

3.3.5.    Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia

·    Zat dan Karakteristik nya

·    Zat Padat, Cair, dan Gas

·    Unsur, Senyawa, dan Campuran

·    Sifat fisika dan kimia

·    Perubahan fisika dan kimia

Discovery Learning

·      Tanya jawab

·      Eksperimen,

·      Diskusi dan Presentasi

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 93-133

·      Buku Guru hal. 53-70

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

4.3     Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

4.3.1.    Menyajikan data hasil pengamatan zat padat, cair dan gas.

4.3.2.    Menyajikan data hasil pengamatan unsur, senyawa dan campuran

4.3.3.    Menyajikan data hasil pengamatan larutan asam, basa, dan garam.

4.3.4.    Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran berdsarkan sifat fisika dan kimia

4.3.5.    Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran metode filtrasi dan kromatografi

4.3.6.    Menyajikan data hasil pengamatan perubahan kimia

3.4     Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan

3.4.1      Menjelaskan definisi suhu.

3.4.2      Menjelaskan berbagai jenis termometer.

3.4.3      Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.

3.4.4      Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

3.4.5      Menjelaskan definisi pemuaian.

 

 

Suhu dan Kalor

·    Suhu

·    Alat pengukur suhu

·    Pemuaian

·    Kalor

·    Perpindah an kalor

Discovery Learning

·      Praktik

·      Diskusi

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

·      Pengetahuan:

Tes tulis dan penugasan

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 135-187

·      Buku Guru hal. 205-248

Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Lingkungan sekolah

·      PPT

 

4.4     Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

4.4.1 Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu zat

 

3.5     Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari- hari termasuk fotosintesis

 

3.5.1 Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber-sumber energi.

Energi

·    Bentuk- bentuk energi

·    Sumber energi

·    Perubaha n bentuk energi

·    Transfor masi energi dalam sel

·    Fotosintesis

·    Respirasi

Discovery learning

·      Praktik

·      Diskusi

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

15 JP

·      Buku siswa hal. 188-208

·      Buku Guru hal. 167-204

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Vidio tentang  sistim pencernaan pada manusia

·      PPT

 

4.5     Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

4.5.1 Melakukan percobaan untuk membuktikan keberadaan bentuk energi dalam suatu benda

3.6    Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel

3.6.1 Mengidentifikasi tingkatan hierarki kehidupan

3.6.2 Membedakan komponen penyusun sel hewan dan tumbuhan

 

Sistem Organisasi Kehidupan

·    Sel

·    Jaringan

·    Organ

·    Sistem organ

·    Organisme

Problem based learning

·      Praktik

·      Diskusi

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilaian antar teman

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

10 JP

·      Buku siswa hal. 1-18

·      Buku Guru hal. 109-142

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

4.6    Membuat model struktur sel tumbuhan/ hewan

4.6.1. Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

4.6.2. Menyajikan model struktur sel tumbuhan/hewan

3.7    Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut

 

3.7.1   Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem

3.7.2   Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya

3.7.3   Memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem

3.7.4   Mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem

3.7.5   Menjelaskan interaksi dalam ekosistem

3.7.6   Mendeskripsikan jenis-jenis interaksi juga berbagai kemungkinan yang terjadi dalam interaksi

3.7.7   Menjelaskan peran mikroorganisme/organisme dalam berbagai daur biogeokimia

3.7.8   Menguraikan komponen ekosistem dari hasil pengamatan

3.7.9   Membuat bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem

3.7.10       Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antar komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan manusia)

Ekosistem

·    Komponen abiotik dan biotik

·    Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

·    Rantai Makanan

·    Jaring- jaring makanan

·    Bentuk simbioasis

·    Dinamika populasi

Discovery Learning

· Pengamatan

· Demonstrasi

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

·      Pengetahuan:

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 28-41

·      Buku Guru hal. 249-282

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

 

4.7    Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

4.7.1 Mensimulasikan Interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem

3.8    Menganalisis terjadi-nya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

 

3.8.1   Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan

3.8.2   Memberikan contoh macam- macam pencemaran lingkungan.

3.8.3   Menjelaskan pengertian pencemaran air.

3.8.4   Menganalisis pengaruh air yang tercemar bagi mahluk hidup di bawahnya.

3.8.5   Menjelaskan pengertian pencemaran udara.

3.8.6   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab pencemaran udara

3.8.7   Menganalisis dampak pencemaran udara.

3.8.8   Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.

3.8.9   Menganalisis dampak pencemaran tanah.

 

Pencemaran Lingkungan

·    Pencemaran udara

·    Pencemaran air

·    Pencemaran tanah

·    Dampak pencemaran bagi ekosistem

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

·      15 JP

·      Buku siswa hal. 47-62

·       Pengayaan

·      PPT

 

4.8    Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pen- cemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan

4.8.1   Membuat laporan hasil pengamatan tentang beberapa jenis, penyebab, dan dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik serta mengemukakan gagasan tentang cara mengatasinya.

4.8.2   Membuat poster tentang himbauan pada masyarakat dalam mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

3.9    Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

3.9.1  Memahami definisi pemanasan global

3.9.2  Menganalisis proses terjadinya pemanasan global

3.9.3  Mengidentifikasi faktor penyebab pemanasan global

3.9.4  Menjelaskan dampak pemanasan global

 

Perubahan Iklim

·    Pemanasan Global

·    Penyebab terjadinya perubahan iklim

·    Dampak perubahan iklim bagi ekosistem

Discovery Learning

·      Praktikum

·      Diskusi

·      Penugasan

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilaian diri

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

 

10 JP

·      Buku siswa hal. 68-78

·      Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

4.9    Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi / penanggulangan masalah perubahan iklim

4.9.1 Membuat makalah penanggulangan masalah perubahan iklim

3.10     Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

 

3.10.1. Menjelaskan karakteristik penyusun bumi.

3.10.2. Menjelaskan karakteristik atmosfir.

3.10.3. Menjelaskan karakteristik litosfer.

3.10.4. Menjelaskan karakteristik gempa bumi serta pengurangan resiko bencananya.

3.10.5. Menjelaskan karakteristik gunung berapi serta pengurangan resiko bencananya.

3.10.6. Menjelaskan karakterisktik hidrosfer serta pengurangan resiko bencananya.

Lapisan Bumi dan Bencana

·      Lapisan bumi

·      Gunung api

·      Gempa bumi dan tsunami

·      Tindakan tanggap bencana

 

Problem Based Learning

·      Diskusi

·      Presentasi

·      Penugasan

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 83-131

·      Buku Guru

·      Pengayaan h

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

4.10    Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyela- matan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.

4.10.1.Mengamati tayangan model lapisan pengurangan resiko dan dampak bumi

4.10.2.Mengumpulkan mengenai lapisan bumi dan bencana alam serta tindakan mekanisme terjadinya letusan gunung penyelamatan diri pada saat berapi, gempa bumi, dan tsunami terjadi bencana sesuai dengan

4.10.3.Menyajikan hasil studi literatur tentang jenis ancaman bencana dl penanggulangan resiko dan dampak daerahnya bencana alam dalam bentuk presentasi

4.10.4.Berlatih tindakan matan diri pada saat terjadi bencana alam

3.11      Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

 

3.11.1. Mendeskripsikan karakteristik matahari sebagai pusat tata surya

3.11.2. Mendeskripsikan karakteristik planet-planet penyusun tata surya

3.11.3. Mendeskripsikan karakteristik berbagai benda angkasa selain planet

3.11.4. Menganalisis keterkaitan antara jarak planet ke matahari dengan periode rotasi dan periode revolusinya

3.11.5. Menggambarkangerakan bumi dan bulan terhadap matahari

3.11.6. Mendeskripsikan peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat gerakan bumi dan bulan terhadap matahari

3.11.7. Mendeskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi

3.11.8. Mengkorelasikan berbagai peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi bumi

 

Tata Surya

·    Sistem tata surya

·    Karakteris tik anggota tata surya

·    Matahari sebagai bintang

·    Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di bumi

·    Gerhana bulan dan matahari

·    Terjadinya pasang surut

Problem Based Learning

·      Pengamatan

·      Ceramah

·      Diskusi

Animasi Kontekstual

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

15 JP

·      Buku siswa hal. 146-162

·      Buku Guru hal.

·      Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      PPT

 

4.11      Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

4.11.1 Membuat animasi atau video atau prototype dampak dari rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan bumi

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Malang

 

 

 

Dr. Pancayani Dinihari

NIP. 19660908 199303 2 006

 

Malang , 29 Juni 2020

Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

Krismianti,S.Pd

NIP.19650112 198712 004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

RPP BESARAN DAN SATUAN

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nomor :   KD 3.1 Nama Sekolah      : SMP N 4 Kota Malang Mata Pelajara        : IPA Kelas/Semester    : 7/G anjil Materi Pokok         : Pengukuran Alokasi Waktu       : 1 Bulan                : 1.        TUJUAN PEMBELAJARAN: a.        Melalui membaca buku paket atau artikel peserta didik mampu menyebutkan pengertian; pengukuran, besaran pokok, dan satuan baku. b.        Melalui latihan berhitung peserta didik mampu Melakukan konversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannya. 2.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 2.1. Alat dan Bahan - Alat: è Virtual : Meteran, timbangan , penggaris, stopwatch, thermometer, barometer , laptop, hp, komputer - Bahan: è Buku Paket dan Artikel Online - Media è website/weblog, WA, Google   Classroom 2.2. Pertanyaan/ Soal Latihan: - Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku paket hal 35 dan LK dan mengirimkan hasilnya    melalui menu KIRIM T UGAS Konver

Perkenalan

Assalamu’ alaikum Wr.Wb. Selamat pagi,Salam sejahtera bagi kita semua Selamat datang dan bergabung dengan SMPN 4 Malang,khususnya dalam pembelajaran IPA yang dibimbing oleh Ibu Krismianti..Kata pepatah tak kenal maka tak sayang, Silahkan kalian memperkenalkan diri dengan cara mengisi komentar di bawah postingan ini. Selamat bergabung Jaga kesehatan dan tetap semangat. Wassalamu’alaikum.Wr.Wb.